Fakta Tentang Kanker Paru – Paru

kanker-paru

Kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat
disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok. Menurut World Health
Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita.

Fakta tentang Kanker Paru – Paru

  • Setiap tahun ada lebih dari 1.4 juta kasus kanker paru baru di seluruh dunia yang menyebabkan kira-kira 1.1 juta kematian tiap tahun.
  • Dengan kata lain di seluruh dunia terdapat 3.000 orang yang meninggal karena kanker parusetiap harinya dan ini berarti satu orang setiap 30 detik.
  • Kanker paru dilaporkan sebagai kanker penyebab kematian terbesar di dunia, dan bertanggung jawab atas 18.7% kematian akibat kanker serta kanker pembunuh terbanyak di Eropa.

Gejala paling umum yang ditemui pada penderita kanker paru adalah:

  • Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat.
  • Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak.
  • Napas sesak dan pendek-pendek.
  • Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas.
  • Kelelahan kronis
  • Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Suara serak/parau.
  • Pembengkakan di wajah atau leher.

Gejala pada kanker paru umumnya tidak terlalu kentara, sehingga kebanyakan penderita kanker paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Kasus-kasus stadium dini/ awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Diagnosis dan Pilihan Terapi pada penderita kanker paru – paru

Diagnosis dan terapi kanker paru bisa rumit karena penyakit ini mudah menyebar melalui sistem limfatik. Penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lain disebut metastasis dan ini berarti pada sebagian besar pasien pengobatan tidak akan membawa pada kesembuhan. Saat ini ada tiga standar terapi kanker paru: pembedahan, radioterapi dan kemoterapi.

Satu atau lebih dari terapi ini bisa digunakan, tergantung pada tipe kanker, tahapan penyakit serta kondisi kesahatan pasien dan usianya. Baik pembedahan atau radio terapi dapat menyembuhkan kanker paru sepanjang kanker tersebut terlokalisir (tidak menyebar ke jaringan disekelilingnya). Jika diterapi pada stadium ini, angka rata-rata kesembuhannya mencapai 70%, sepanjang kondisi kesehatan pasien bagus. Meskipun demikian, diagnosis pada tahap dini ini hanya mencakup 25- 30% kasus.

Mencegah kanker paru – paru bisa dilakukan dengan mengkonsumsi Obat Kanker Herbal dari jamur dewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>